Puluhan Tewas Saat Demo Iran, ABI: Peristiwa Kecil Dan Biasa Terjadi

banner 160x600
banner 468x60

KIBLAT.NET, Bekasi – Aksi protes besar-besaran yang meluas di Iran telah menyebabkan puluhan orang tewas. Organisasi kelompok Syiah, Ahlul Bait Indonesia (ABI) menyebut hal itu sebagai peristiwa kecil dan biasa terjadi.

Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia (ABI), Umar Shahab menilai pecahnya unjukrasa yang berujung ricuh di Iran akhir tahun 2017 lalu adalah tragedi yang biasa. Menurutnya demonstrasi kali ini masih kalah besar dibanding demo sebelumnya pada tahun 2009 saat menangnya Ahmadinejad di kursi kepimpinan Iran dari lawannya Hussein Mousavi.

“Yang terjadi kali ini peristiwa kecil dan biasa terjadi, di Iran demo besar-besaran sudah menjadi hal biasa. Adapun kerusuhan dan kemudian disikapi tegas aparat keamanan pemerintah adalah hal wajar di negara manapun,” kata Umar Shahab kepada Kiblat.net melalui sambungan telephone, Kamis, (04/01/18).

Berita seputar gejolak di Iran menyebar cukup luas akhir-akhir ini. Menurutnya, dalam melihat persoalan yang terjadi di Iran tidak bisa dari sisi permukaan saja, tetapi melihat secara koprehensif.

“Cuma selama ini kan Iran dalam keadaan tenang, terus tiba-tiba muncul peristiwa panas maka dimanfaatkan isu ini dibesar-besarkan oleh media milik negara kontra Iran, utamanya media Amerika dan Israel,” klaimnya.

Seperti diketahui, puluhan orang tewas dalam unjuk rasa besar-besaran di Iran mendesak pergantian rezim. Aksi yang dimotori kelompok konservatif itu dipicu oleh buruhny akondisi ekonomi Iran. Para pengunjuk rasa mengecam sikap rezim yang terlibat dalam peperangan di Suriah dan Yaman, yang menyedot pundi-pundi negara.

Terkait represifitas aparat keamanan dalam menanggapi pengunjuk rasa, Umar meyebut hal itu sebagai sikap tegas pemerintah Iran. Aksi demonstrasi yang berujung penjarahan dan perusakan fasilitas, perlu tindakan tegas dari aparatur keamanan. Dia beralasan, pendemo yang rusuh adalah kelompok kontra pemerintah yang memanfaatkan moment demonstrasi persoalan ekonomi di hari sebelumnya.

“Mereka yang membenci Iran memanfaatkan moment tersebut untuk melakukan perlawanan. Meskipun pengaruh mereka tidaklah besar,” pungkasnya.

 

sumber : https://www.kiblat.net/2018/01/04/puluhan-tewas-saat-demo-iran-abi-peristiwa-kecil-dan-biasa-terjadi/

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Puluhan Tewas Saat Demo Iran, ABI: Peristiwa Kecil Dan Biasa Terjadi"